14 September 2007

EasyWorship + VideoInput = WhatIDreamOn






Ekperimen hari Jumat, 14 September 2007 jam 00:12 WIB.
Target:
  • Menayangkan Live Video Show dengan tetap dapat memberikan teks di atas video yang ditampilkan.

Latar belakang:
  • Selama ini jika membutuhkan tayangan presentasi menggunakan video terdapat kendala berupa overlay device yang ada berupa Boser PCI VGA card --dengan 255 blue screennya-- yang sudah cukup "berumur" dengan memory 4 MB dan kompabililas driver hanya untuk Windows 98 saja, bahkan Windows 2000 pun tidak didukung, apalagi Windows XP atau Vista!

  • Dirasa butuh overlay device yang dapat memadukan keluaran teks komputer dengan input video!





Suatu kali saya ditelpon sama temen Sugeng. Dia bertanya bagaimana caranya menampilkan live video pada proyektor, namun tetap dapat memberikan teks lagu yang memang dinyanyikan pada saat itu juga. Saya berusaha untuk menjawab sebisa saya, sesuai dengan apa yang saya tahu dan apa yang pernah saya kerjakan bersama teman-teman "mumed" GKI Nupasan Yogyakarta. Yaitu selama ini kami kerja "bantingan" dan beruntung dengan VGA BOSER, yang di dalamya terdapat video input dan tv tuner, punya Pak Lukito yang dapat "NEMBUS" biru 255. Kemudian input Video yang telah dibuat Fullscreen ditindih slide PowerPoint dengan background biru sehingga biru tersebut hilang tertembus oleh video yang ada di bawahnya. Pertanyaan yang tidak dapat saya jawab adalah "VGA seperti itu beli di mana?", harus jawab apa coba selain "Nggak tahu... :-o ?!" Cari di kolektor barang antik sekalipun belum tentu dapet!! Setelah beberapa perbincangan, dia justru menyinggung soal Easy Worship. Dan dengan jujur saya menjawab "wah, kalo yang itu saya belum pernah mencoba...".Beberapa minggu berlalu dari hari itu, sampai suatu saat saya menggunakan Easy Worship pada laptop Acer karena harus menayangkan video iklan bulan keluarga. Saat itu saya bekerja dengan tab videos dan media. "Kok ada tab feeds... Buat apa ini? Video Feeds? Apa lagi itu?"

Video FeedsSetelah dicoba, ternyata inilah yang dimaksud oleh temen Sugeng kemarin (sorry namanya lupa beneran!). Setelah tab feeds diaktifkan lalu pilih Add
Add feedsTentukan sumber input. Input video biasanya dikenali di sini (bt878p+ saya dikenali sebagai Conexant Capture), begitu pula dengan camcorder menyala yang tercolok pada IEEE1394 biasanya langsung dikenali. Kemudian pilih icon untuk Feed tersebut.
Feed iconLalu pilih feed yang telah dibuat kalau mau menampilkannya secara fullscreen seperti menampilkan video biasanya.
Pilih feedAtau --ini dia yang saya maksudkan-- mau dibuat sebagai background?!
Ganti backgroundPilih Option.
Lalu Add.
Pada tab Feed, pilih feed yang sudah dibuat tadi.
Pilih feed tadi yang sudah masuk sebagai background, check Override Global Option for This Background, lalu klik Background Designer.
Atur background sesuai kebutuhanSelanjutnya...

udah pada bisa kayaknya... :P
Gampang kaaaannn.....
Selamat belajar.

6 comments:

Amelia Kimberly Ann Rumbiak said...

Blogger ini sangat menolong.
Tuhan memberkati......

Anonymous said...

Thanks infonya..
spec compie apa yang dibutuhkan sehingga program feed camera jalan smooth yaa...

Unknown said...

thanks bro ...

ntar kl gereja saya mau pake Vid. Cam .. bakal saya coba nih :)

Thanks a lot

GBU.

likmuj said...

bagaimana cara edit lagu di easy worship di laptop pas lagi running namun hanya muncul di layar laptop gak muncul di layar utama?

Kevin Manoy said...

Thx Infonya... Untuk Easy Worship versi berapa?

yustian said...

bagaimana cara edit lagu di easy worship di laptop pas lagi running namun hanya muncul di layar laptop gak muncul di layar utama?
EW 2009 & EW 2003